Kamis, 01 April 2010

Pelangi Kesabaran

by: Abu Sahla
Sabar adalah sebuah kata yang mudah diucapkan di lisan namun sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena kehidupan manusia itu tidak akan pernah luput dari yang namanya ujian dan cobaan, oleh karena itu Allah Subhanahu wa ta`ala memerintahkan kita untuk bersabar.

Banyak sekali ayat-ayat Al-Qur`an dan Hadis Nabi yang shahih yang memerintahkan kita untuk bersabar, baik itu bersabar dari melaksanakan perintah Allah, bersabar dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah, ataupun bersabar terhadap takdir Allah.

"Bersabarlah (hai Muhammad) dan Tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan". (QS. An-Nahl: 127)

Di dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah memerintahkan kepada Rasulullah Shallallahu `alaihi wasallam untuk bersabar. Jika Nabi Muhammad Shalallahu `alaihi wasallam sebagai makhluk yang paling mulia dan sempurna masih diperintah untuk bersabar, maka terlebih lagi bagi umatnya.



www.mediabuku.com

0 komentar: