Senin, 02 Maret 2009

[resensi buku] Cara Mudah Membaca dan Memahami Terjemah Alquran

Republika Online, Jumat, 27 Februari 2009

Rasulullah saw menegaskan, \"Orang yang terbaik di antara kamu adalah mereka yang belajar Alquran dan mengajarkanya kepada orang lain.\" Dalam hadits yang lain, Rasulullah menganjurkan, \"Sinarilah rumahmu dengan bacaan Alquran.\"

Rasulullah dan para sahabat Nabi merupakan orang yang sangat gemar membaca Alquran. Demikian pula generasi tabi\\\'in (sesudah sahabat) dan tabi\\\'it tabi\\\'in (sesudah tabi\\\'in) dan orang-orang saleh setelah mereka. Mereka sangat gandrung bahkan keranjingan membaca Alquran. Ada yang mengkhatamkan Alquran setiap minggu, ada yang tiga hari sekali, bahkan ada yang satu hari sekali.

Mengapa kaum Muslimin, terutama generasi salafush shaleh (orang-orang saleh terdahulu) sangat hobi membaca Alquran? Sebab, mereka sangat meyakini Alquran sebagai pegangan atau jalan hidup Muslim. Mereka juga sangat meyakini bahwa Alquran adalah obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Apalagi Rasulullah saw telah menyatakan dalam salah satu hadits shahih, \"Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara, kalian tidak akan tersesat selama-lamanya selama berpegang teguh kepada keduanya, yakni Kitab Allah (Alquran) dan Sunnah Rasul.\" Berkait dengan itu, sudah seharusnyalah kalau kaum Muslimin sekarang ini berupaya untuk kembali mencintai Alquran, dan menjadikan membaca Alquran sebagai ibadah hariannya. Tidak ada alasan untuk tidak mau membaca Alquran lantaran tidak bisa membacanya. Sebab, sekarang ini begitu banyak cara untuk belajar membaca Alquran. Ada banyak metode yang bisa dipakai untuk belajar membaca Alquran.

Di samping itu, kini banyak penerbit yang menerbitkan Alquran dengan tampilan cover, tampilan isi, maupun isi yang sangat menarik dan memudahkan kaum Muslimin untuk belajar membaca Alquran dan memahami artinya. Salah satunya adalah Al-Mizan: Al-Qur\\\'an Disertai Terjemahan & Transliterasi yang diterbitkan oleh PT Mizan Pustaka.

Kitab ini akan sangat membantu mereka yang baru belajar membaca Alquran, sebab disertai dengan transliterasi Arab-Latin di setiap ayat. Dengan demikian, mereka yang masih belum terlalu fasih membaca dan melapalkan bacaan Alquran dalam bahasa Arab, akan mendapatkan kemudahan untuk membacanya. Tentu saja, diharapkan makin lama mereka makin menguasai bacaan Alquran, sehingga ketergantungan terhadap transliterasi Arab-Latin tersebut perlahanlahan berkurang.

Kitab ini juga sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin belajar memahami arti ayat-ayat Alquran, sebab disertai dengan terjemah ayat per ayat, dan dilengkapi dengan catatan kaki di bagian bawah halaman. Sebagaimana diketahui, membaca Alquran dengan memahami artinya tentu akan jauh lebih meresap.

Kitab Alquran dan terjemahnya ini tampil dalam edisi mewah dan hard cover. Kertasnya khusus, dan ringan, serta lay out dan ornamen halaman menarik, sehingga nyaman dibaca. Hal yang tidak kalah pentingnya, penerbit Mizan Pustaka memberi bonus berupa buku kecil yang berisi pengetahuan ringkas seputar Alquran dan doa sehari-hari (Al-Ma\\\'tsurat). Doa- doa tersebut disertai dengan transliterasi Arab-Latin. ika


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: