Selasa, 18 November 2008

[artikel dinamika] Pengarang Jurassic Park Tutup Usia

Penulis buku-buku laris, Michael Crichton, mengembuskan nafas terakhirnya di Los Angeles, Amerika Serikat, pada usia 66 tahun, Selasa (4/11). Menurut pihak keluarga, pengarang cerita Jurassic Park ini meninggal setelah \"berjuang dengan gigih melawan kanker\".

Crichton telah menghasilkan berbagai buku yang mayoritas telah diadaptasi menjadi film di antaranya Jurassic Park, Congo, dan Disclosure. Ia telah menjual lebih dari 150 juta buku. Ia juga dikenal sebagai pencipta drama tentang rumah sakit, ER.

\"Ia akan sangat dirindukan oleh orang-orang yang hidupnya telah ia sentuh,\" ujar pernyataan keluarga. Proses pemakaman Crichton rencananya akan digelar secara tertutup.

Crichton meninggalkan istri, Sherri, dan anak perempuan, Taylor.

Dalam pernyataannya, keluarga merasa kehilangan \"suami yang setia, ayah yang mencintai, dan teman yang baik\\\'.

\"Melalui bukunya, Michael Crichton menjadi inspirasi bagi murid di segala usia, menantang para ilmuwan di berbagai bidang, dan menerangi misteri dunia dengan cara yang mudah dimengerti orang banyak,\" lanjut pernyataan keluarga.

Novel baru Crichton rencananya akan dirilis di Amerika Serikat bulan depan. Namun, penerbit HarperCollins mengatakan buku tersebut akan ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Crichton merupakan jebolan Harvard Medical School. Namanya mulai melejit di hollywood berkat novel Andromeda Strain pada 1971.

Banyak novelnya yang diadaptasi ke layar lebar. Novel yang paling sukses diadaptasi adalah Jurassic Park pada 1993.

BBC| Kodrat Setiawan


www.mediabuku.com

0 komentar: