by: Elainne B. Johnson, Ph.D.
"Ketika murid dapat mengaitkan isi dari mata pelajaran akademik seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, atau sejarah dengan pengalaman mereka sendiri, mereka menemukan makna, dan makna memberi mereka alasan untuk belajar."
Inilah buku yang menunjukkan perkembangan paling mutakhir soal kegiatan belajar-mengajar. Setelah para pendidik mengalami masa-masa yang heboh dengan munculnya banyak sekali metode dan pendekatan belajarseperti Quantum Learning, Accelerated Learning, Active Learning, Cooperative Learning, Brain-Based Learning, dan sebagainyakini tiba saatnya kita memperhatikan dengan saksama Contextual Teaching and Learning (CTL).
CTL adalah sebuah sistem belajar yang didasarkan pada filosofi bahwa seorang pembelajar akan mau dan mampu menyerap materi pelajaran jika mereka dapat menangkap makna dari pelajaran tersebut. Buku ini mendedah dasar-dasar filosofi tersebut dari sudut pandang ilmu psikologi, ilmu saraf (neuroscience), dan fisika serta biologi modern. Buku ini juga menjabarkan dengan gamblang apa saja bidang gerak CTL, menjelaskan cara menggunakan sistem ini, dan memberikan banyak contoh cara yang dipakai oleh guru-guru yang sudah berhasil menggunakan CTL.
"Buku ini mudah dibaca, praktis, dan bermanfaat bagi para pendidik." A. Chaedar Alwasilah
"Buku ini akan mengefektifkan pembelajaran karena mengaitkannya dengan cara kerja alat paling canggih milik manusia tetapi belum dipotimalkan pemakaiannya, yaitu otak." Taufiq Pasiak, Penulis buku bestseller Revolusi IQ/EQ/SQ
www.mediabuku.com
0 komentar:
Posting Komentar