Selasa, 26 Oktober 2010

Hukum Perikanan Nasional dan Internasional

by: Dr. Marhaeni Ria Siombo, SH., M.Si.
Negara kita, yang dua pertiga wilayahnya berupa laut, dikenal sebagai negara yang memiliki sumber daya ikan yang melimpah. Ironisnya, sektor perikanan kita tak kunjung lepas dari beragam masalah, seperti: sumber daya ikan semakin berkurang, taraf kehidupan dan tingkat pendidikan nelayan masih rendah, pencurian ikan oleh kapal asing terus berlanjut, dan ekosistem laut rusak akibat praktik penangkapan yang destruktif. 

Produk undang-undang sampai peraturan menteri yang telah ditetapkan dan berbagai konvensi internasional di bidang perikanan yang telah disahkan oleh pemerintah perlu disosialisasikan agar semua pihak memiliki pemahaman yang sama tentang aturan-aturan hukum nasional dan internasional serta dapat menerapkan manajemen perikanan yang efektif. Dalam perspektif itulah buku ini menunjukkan perannya. Di sini, penulis memaparkan antara lain: 

Penangkapan ikan yang ramah lingkungan Prinsip-prinsip dasar hukum perikanan 
Pengelolaan sumber daya ikan di Indonesia 
Pemanfaatan sumber daya hayati menurut Konvensi Hukum Laut 1982 
Laut, perubahan iklim, dan peta potensi perikanan 

Buku ini penting tidak hanya bagi akademisi, tetapi juga bagi masyarakat perikanan, kelompok nelayan, pengusaha perikanan, aparat penegak hukum, termasuk perancang peraturan perundang-undangan, dalam mengelola sumber daya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan.


www.mediabuku.com

0 komentar: