Sabtu, 26 Desember 2009

[resensi buku] Temukan Solusi Dalam 100 Buku Bisnis Pilihan

Wasis Wibowo, Seputar Indonesia, Desember 2009

Tahukah Anda, pada 2007 saja di Amerika Serikat ada sekitar 11.000 buku bisnis yang diterbitkan. Sebagai ilustrasi, bila semua buku tersebut disusun bertumpuk. maka tingginya setara dengan gedung bertingkat sembilan. Di dalamnya ada sekitar 880 juta kata dan untuk membaca semuanya diperkirakan membutuhkan waktu enam setengah tahun. Padahal di dalamnya berisi jutaan solusi untuk mengatasi pelbagai masalah bisnis. Bisa dibayangkan betapa repotnya untuk menyerap semua materi penting dalam ribuan buku tersebut. Itu belum dihitung dengan buku-buku yang diterbitkan sampai detik ini dan boleh jadi berisi solusi paling mutakhir.

Jadi cukup wajar bila banyak pengusaha atau bisnisman lebih senang menyewa konsultan bisnis untuk membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi. Tentunya bayaran yang diberikan pun bisa selangit untuk sebuah solusi yang diberikan.

Namun, Anda nggak usah keburu panik untuk mendapatkan berbagai solusi bisnis yang ada dalam buku-buku bisnis terbaik. Untuk membantu Anda menyaring buku-buku bisnis terbaik dan mengungkapkan sari pati isi yang dibutuhkan, 800-CEO-READ meringkas dalam 100 Buku Bisnis Terbaik Sepanjang Masa.

Buku yang ditulis Jack Covert & Todd Sattersten ini pun sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Ufuk Publishing House. Walaupun sudah disaring men jadi 100 buku dan dikupas melalui tulisan resensi yang apik, buku ini masih cukup tebal sekitar 482 halaman.

Untuk memudahkan Anda memilih tema yang tepat, Jack &Todd membagi dalam 12 tema utama. Di antaranya, Kepemimpinan, Strategi, Manajemen, Biografi, Kewirausahaan, Ide-ide Besar,Inovasi dan Kreativitas, serta Penjualan dan Pemasaran. Jadi Anda bisa dengan mudah memilih bagian mana yang dibutuhkan untuk mendapatkan solusi bisnis yang tepat.

Misalnya, pada bagian pertama yang berjudul Anda, memuat sejumlah buku yang membantu para bisnisman dan pengusaha melejitkan potensi diri serta memberi trik membangkitkan semangat kerja. Namun, perlu diingat dalam buku lOO Buku Bisnis Terbaik Sepanjang Masa hanya menampilkan ringkasan isi buku dan semuanya adalah buku terbitan luar negeri (Amerika Serikat)

Bila Anda ingin mengetahui secara detail, bisa langsung men can buku tersebut atau yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, seperti buku bisnis klasik Good to Great atau Never Give In yang berisi kata-kata motivasi dari Winston Churchill. Jadi buku ini pun berperan sebagai panduan untuk mendapatkan referensi buku bisnis yang Anda butuhkan. Di dalamnya; juga diberikan rekomendasi buku bisnis lanjutan yang layak dibaca.

Saya pikir buku ini sangat mengasyikan, karena kita bisa memperoleh advice sederhana yang mampu menggugah semangat dan kreativitas. Apalagi penulis menyisipi cerita menarik tentang bisnis yang terkandung dalam buku anak-anak, terekam di layar lebar, dan profil para penulis buku bisnis handal. Buku ini menunjukkan inovasi para penulisnya menuangkan ide dengan membedakan buku bisnis melalui kumpulan resensi yang menarik. Ada baiknya; Anda jangan melewatkan buku ini.


www.mediabuku.com

0 komentar: