Kamis, 21 Oktober 2010

Misteri Nyai Roro Kidul dan Laut Selatan

by: Salman Rusydie Anwar
Betapa dahsyatnya sosok Nyi Roro Kidul merasuki alam pikiran dan keyakinan sebagian masyarakat Jawa! Aroma mistis dan magis yang menaungi legenda Nyi Roro Kidul seakan tak pernah bisa terkikis. Keyakinan masyarakat dan tradisi benar-benar menjadikan legenda ini tampak nyata. Mulai dari ritual sedekah laut hingga labuhan. Nyi Roro Kidul dan Laut Selatannya seolah benar-benar hidup dan mempengaruhi kehidupan nyata sehari-hari!

Lihatlah, misalnya, betapa kuatnya aura mistis di balik berdirinya Kerajaan Mataram dan Nyi Roro Kidul, seolah-olah ada komunikasi intensif antara para raja dan Nyi Roro Kidul dari Laut Selatan. Bahkan, aura mistis ini dikukuhkan dalam beberapa tembang Jawa popular, seperti tembang Kinanthi, Mijil, dan Dhandhanggula.

Seperti apa dan bagaimana sebenarnya perkembangan legenda dan mitos penguasa Laut Selatan itu? Seluk-beluk kontroversial macam apakah yang mengiringi misteri Nyi Roro Kidul? Selamilah buku ini. Anda diajak menguak misteri Nyi Roro Kidul yang menakjubkan itu secara kompolit, dari sisi mistos, kisah, legenda, keyakinan lokal, hingga kajian ilmiah dan sains.



www.mediabuku.com

0 komentar: