Jumat, 11 Juni 2010

Pasang Laut (The Highest Tide)

by: Jim Lynch
Pemenang Pasific Northwest Booksellers Book Award 2006

Pada suatu malam berbulan terang, Miles O''Malley yang berusia 13 tahun menyelinap keluar dari rumahnya, dan pergi menjelajahi perairan Puget Sound dengan kayaknya. Miles biasa berburu binatang laut malam-malam, dan hasilnya dijual ke pemilik akuarium setempat. Tapi malam itu, ketika sedang mencari bintang laut, siput, dan ketam, dia menemukan sesuatu yang membuatnya jadi sosok terkenal di media massa: seekor cumi-cumi raksasa yang terdampar.

Penemuan itu membuat banyak orang berdatangan ingin melihat. Laut, dan kekayaan ragam spesies yang hidup di dalamnya, yang selama ini tak diacuhkan, mendadak menjadi tempat yang diminati banyak orang. Dan Miles, yang begitu mengenal lautnya, membuat banyak orang terheran-heran dengan kefasihannya membaca gejala-gejala alam dan laut pasang, hingga mereka bertanya-tanya, siapakah anak "ajaib" ini sebenarnya.

Kisah ini bukan hanya indah, tapi juga memberikan begitu banyak pengetahuan tentang laut dan makhluk-makhluk penghuninya yang sering kali luput dari perhatian kita.


www.mediabuku.com

0 komentar: