Rabu, 27 Mei 2009

Ghibahtainment: Fenomena Ghibah Dalam Infotainment

by: Akbar Kaelola
Jika kita amati, hampir seluruh stasiun televisi di Indonesia menyuguhkan acara-acara yang isinya memberitakan kehidupan artis. Sebut saja, Silet, Kiss, Hot Gosip, Insert, Cek & Ricek, dan bejibun acara lainnya dengan nama yang bervariasi. Istilah kerennya infotainment.

Dengan jadwal tayang bervariasi, masyarakat Indonesia dibanjiri dengan informasi yang secara isi sama saja, namun dikemas dengan acara yang berbeda. Ada yang mendapat porsi tiga kali seminggu, bahkan ada yang sehari lebih dari tiga kali. Sejak pagi, acara-acara ini sudah muncul di televise kita. Hampir semua isi acaranya menyingkap kehidupan probasi para selebritis.

Walhasil, pemirsa akan mengenal betul seluk beluk kehidupan para artis, seolah diajak masuk ke dalam rumah bahkan kamr tidur para artis. Sepintas acara ini terkesan menghibur.

Seorang Ibu yang kelelahan setelah menyelesaikan pekerjaan rumah tangganya, mungkin akan merasa terhibur dengan informasi sisi-sisi kehidupan pribadi orang-orang terkenal. Apalagi kemasan acara yang bervariasi ada yang diselingi musik, wawancara langsung dengan sang artis, daftar ulang tahun para selebritis. Namun jika kita cermati lebih jauh, intniya sama….NGERUMPI, BERGUNJING alias Ghibah.

Simak dibuku ini, apa yang sesungguhnya terjadi dalam dunia infotainment?, serta pengertian Ghibah, Apa kata Ulama, Hukum Ghibah, Sejarah Infotainment, Apa-apa tentang yang terkandung dalam acara Infotainment. Dan disertakan juga tips dan trik jalan keluar untuk berhenti dari kecanduan Infotainment. Buku ini dikemas dengna gaya bahasa yang menarik, interaktif dan tidak membosankan. Harapannya pembaca dapat memilah dan memilih mana acara yang bagus untuk ditonton atau tidak dari segi pemaknaanya.


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: