Jumat, 22 Mei 2009

Mudah dan Cepat Berhitung dengan Pemodelan

by: Fatimah
Bagaimanakah cara menyelesaikan 43-8? Pada umumnya anak-anak diajarkan berhitung mundur, maka yang dilakukan adalah mundur dari 43 yaitu 42, 41, 40 ... 35. Angka terakhir yang disebutkan itulah jawabannya.
 
Sudah tepatkah cara berhitung di atas? Cara tersebut efektif untuk pengurangan angka kecil saja. Apabila angka besar, berhitung mundur menjadi tidak efektif, bahkan bisa menyulitkan anak-anak. Berhitung mundur dilakukan untuk memahami urutan dan posisi bilangan.
 
Lalu, bagaimana belajar matematika yang benar? Pembelajaran matematika adalah membentuk logika berpikir bukan sekadar pandai berhitung. Berhitung dapat dilakukan dengan alat bantu, tetapi menyelesaikan masalah perlu logika berpikir dan analisis.
 
Karena itu, dalam belajar matematika, anak-anak harus memiliki pemahaman yang benar dan lengkap. Pembelajaran matematika yagn benar bisa dimulai dengan mengangkat situasi dari kehidupan sehari-hari, yang disederhanakan dalam bentuk soal cerita. Lalu, anak-anak diminta untuk memodelkan dengan model mainan: balok, stik es krim, atau model gambar.
 
Buku ini mengajak anak-anak menemukan cara cepat dan mudah dalam menyelesaikan berbagai soal matematika dengan metode pemodelan secara menyenangkan.


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: