Jumat, 08 Mei 2009

36 Perempuan Agung di Sekitar Rasulullah SAW.

by: Muhammad Ali Quthb
Ketika Nabi Saw. dan Abu Bakar r.a. bersembunyi di Gua Tsur untuk menghindari ancaman kaum Musyrik, Asma' binti Abu Bakar r.a. ditugaskan untuk membawakan makanan kepada mereka. Di sela-sela masa persembunyian tersebut, Abu Jahal dengan kasar pernah bertanya kepadanya, "Di mana ayahmu?" Asma' menjawab dengan tenang dan berani, "Tidak tahu."

Asma' juga pernah melepas sabuknya dan membelahnya menjadi dua bagian. Satu untuk mengikat makanan dan satunya lagi untuk mengikat minuman. Melihat hal itu, Nabi Saw. pun memandangnya sambil berucap, "Allah Swt. telah menggantikan sabukmu ini dengan dua sabuk di surga." Oleh karenanya, Asma' dikenal dengan sebutan dzat al-nithaqain (Perempuan dengan Dua Ikat Pinggang).

***

Buku ini mencatat kisah kehidupan perempuan-perempuan agung yang mengisi perjalanan dakwah Rasulullah Saw. Ditulis dengan gaya bahasa yang bercerita, buku ini ingin menegaskan bahwa dalam setiap perjuangan selalu ada seorang wanita yang menjadi aktor di balik kesuksesan perjuangan tersebut.

AMINAH – FATHIMAH BINTI ASAD – KHADIJAH – AISYAH – HAFSHAH – UMMU SALAMAH – UMMU HANI' – ASMA' BINTI 'UMAIS – UMMU WARAQAH – AL-KHANSA' – AL-SYAIMA' – RUQAYAH – ZAINAB – UMMU KULTSUM


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: