Jumat, 26 Maret 2010

[resensi buku] Rekam Jejak Hidup Si Tukang Bicara

Kompas.com, Sabtu, 30 Januari 2010
 
Rasanya, di dunia ini, hanya ada dua pembawa acara yang terkemuka. Yang perempuan, kita mengenal Oprah Winfrey, sedangkan yang laki-laki adalah Larry King. King telah berkecimpung dalam dunia bicara hampir setengah abad.
 
Sejak tahun 1985, dia menjadi pembawa acara Larry King Live di CNN, salah satu program televisi kabel yang dinilai paling tinggi, dan satu-satunya talk show melalui telepon yang menjangkau seluruh dunia dan dipancarkan secara langsung. King juga menjadi pembawa acara Larry King Weekend di CNN. Selama bertahun-tahun ia menjadi pembawa acara The Larry King Show di Mutual Broadcasting Network. Banyak penghargaan telah diterimanya, antara lain Peabody Award, lima kali Ace Award, dan Broadcaster of the Year Award dari International Radio and Television Society.
 
Tidak hanya piawai bicara, karena itu pekerjaanya, King juga pandai menulis. Dia menjadi kolumnis untuk USA Today dan the Diamond. Dia telah menelorkan sejumlah buku, antara lain Teel Me More; Mr. King, Your`re Having a Heart Attack; dan On the Line.
 
Sependek pengetahuan saya buku King yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Seni Berbicara Kepada Siapa Saja (Gramedia, 2007). Dalam bukunya ini King berkata, "Salah satu hal yang saya pelajari adalah: tak seorang pun tak dapat diajak bicara, bila kita memiliki sikap yang tepat."
 
Satu lagi buku King yang hadir di tengah-tengah kita adalah buku Larry King: Master Mic yang diterbitkan oleh Ufuk Publishing House. Buku ini adalah biografi King yang ditulis langsung olehnya.
 
Dalam kisahnya yang menakjubkan ini, kita dapat melihat bagaimana King bertahan menjadi pembawa acara talk show di radio dan televisi. Dilahirkan di Brooklyn pada tahun 1933, King, yang nama sebenarnya adalah Lawrence Harvey Zeiger, sudah menjadi yatim sejak berusia 9 tahun. Ditolak masuk militer karena matanya bermasalah dan tak tertarik kuliah, dia pun bekerja menjadi DJ di sebuah stasiun radio di Miami, nama julukannya saat mengudara adalah King. Sejak muda, ia memang cemerlang sekaligus kontroversial.
 
King dengan cerdas berhasil mengorek informasi dari begitu banyak tokoh terkenal yang diwawancarainya, dari Frank Sinatra, Al Pacino, Dalai Lama, Bill Clinton, Richard Nixon hingga Angelina Jolie dan Mike Tyson. Di stasiun TV inilah namanya bersinar cepat dan bertahan lama lebih dari 25 tahun menjadi salah satu pembawa acara terhebat di dunia. Acaranya, Larry King Live, selalu ditunggu-tunggu orang.
 
Buku ini adalah rekam jejak hidupnya yang luar biasa. Beberapa di antaranya akan membuat pembaca terperanjat sekaligus memberi inspirasi dalam menjalani hidup.
 
Data Buku
Judul               : Larry King: Master Mic
Penulis             : Larry King
Penerbit           : ufuk Publishing House
Ukuran                        : SC, 15 x 23 cm.
Harga              : Rp. 99.900

* Hendri F Isnaeni
Peneliti PSIK Universitas Paramadina
Peraih Paramadina-The Jakarta Post Fellowship 2008


www.mediabuku.com

0 komentar: