Senin, 11 Mei 2009

Buku Pintar Alam Gaib

by: Prof. Dr. Muhammad Sayyid Ahmad Musayyar
Para dai muslim sering berbicara tentang iman pada kegaiban yang menyangkut berbagai hal. Kegaiban adalah sesuatu yang oleh Islam disampaikan begitu saja, tanpa ada preseden kongritnya. Kegaiban ini sering juga disebut dengan sam'iyât (sesuatu yang disampaikan secara lisan).

Bagian paling inti dari iman adalah percaya pada kegaiban: alam barzakh, mîzân, shirâth, neraka, surga, dan cerita-cerita yang ada dalam al-Quran dan hadis-hadis seperti Dajjal, Ya'juj Ma'juj, al-Mahdi, dan lain-lain. Sebagian orang kemudian mengembangkan cerita-cerita ini secara berlebihan hingga menimbulkan kebingungan luar biasa.

Buku Induk Alam Gaib ini menjelaskan satu pegangan penting bagi kaum muslim dalam menentukan iman yang benar. Penulisnya mendasari kebenaran iman terhadap kegaiban ini pada dua hal penting: logika dan dalil (nash) tegas yang memastikan ke-ada-an dan bentuk kegaiban itu. Alam barzakh, misalnya. Secara logika keberadaannya dapat diterima. Keberadaan barzakh adalah mungkin, tidak mustahil . Ketika secara logika barzakh mungkin ada maka harus ada nash (al-Quran atau hadis sahih) yang memastikan keberadaannya. Ketika ada nash yang menegaskannya, saatnya kita beriman.

Semua tema yang berhubungan dengan kegaiban dipaparkan dengan jelas dalam buku ini. Buku ini merupakan eksiklopedi kegaiban yang sangat lengkap. Ia layak dijadikan pegangan dan rujukan bagi kaum muslim karena memberikan kepastian iman yang benar berdasarkan logika dan dalil-dalil syar'iyah.


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: