Senin, 14 September 2009

Misteri Kematian Syekh Siti Jenar

by: Abdul Munir Mulkhan
Syekh Siti Jenar dikenal sebagai wali yang memopulerkan ajaran Manunggaling Kawula Gusti, yaitu kemenyatuan hamba dengan Tuhannya. Ajaran ini sepertinya menjadi momok yang menakutkan banyak orang dari dulu hingga kini. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Manunggaling Kawula Gusti? Mengapa ajaran itu begitu ditakuti, bahkan oleh para Wali Sanga? Apa yang salah dengan Siti Jenar? 
 
Ajarannya itu dianggap sesat dan berseberangan dengan Wali Sanga, sembilan wali. Ia pun dijatuhi hukuman oleh kerajaan. Kematian Siti Jenar kerap menjadi misteri yang tak terpecahkan. Bagaimana ia menemui ajalnya? Ada dua versi terkenal mengenai kematiannya. Pertama, ia dihukum pancung oleh para wali. Kedua, Jenar memilih kematiannya sendiri. 
 
Gagasan-gagasan Jenar terletak pada hubungan kematian dan kehidupan manusia di dunia. Buku ini ditulis dengan agak berbeda dari buku-buku tentang Siti Jenar sebelumnya agar kita lebih mampu mencerna gagasan-gagasan Siti Jenar yang selama ini sering disalahpahami. Misteri Kematian Syekh Siti Jenar ditulis dengan gaya prosa, dengan dialog antartokoh, dan dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi yang menguatkan cerita.


www.mediabuku.com

0 komentar: